Langkah yang Seharusnya dilakukan untuk Mencegah Pencemaran Air

Pencemaran air yang terjadi bisa menimbulkan kualitas air semakin menurun. Pada biasanya hal ini dikarenakan persediaan air bersih yang mulai berkurang. Para masyarakat harus mengkonsumsi air kotor secara terpaksa karena adanya pencemaran air. Adanya pencemaran air pencemaran air bisa saja terjadi apabila terdapat zat lain masuk ke dalam air sehingga menurunkan kualitas dari air. Sobat infoana harusnya lebih tau tentang kebersihan air di sekitar kita.

https://infoana.com/

Pada biasanya zat tersebut berbahaya dan bisa merubah kualitas air yang dikhawatirkan dapat menurunkan kualitas sekaligus merusak tatanan ekosistem yang terdapat di dalam air. Apabila hal ini terus dibiarkan tentunya sangat berbahaya. Untuk itu mulai dari sekarang sebaiknya mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mencegah Pencemaran Air

Sobat infoana pencemaran air menjadi kasus yang sangat serius karena air menjadi sumber utama bagi kehidupan makhluk hidup. Sebab itu apabila pencemaran air terjadi maka harus melakukan beberapa tindakan dan pencegahan seperti berikut ini:

  1. Mengurangi Penggunaan Pupuk Kimia dan Pestisida

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu dengan membatasi penggunaan dari pupuk kimia maupun pestisida pada sektor pertanian. Pestisida bisa menimbulkan adanya pencemaran pada air tanah. Sebab itu sebaiknya penggunaan pestisida maupun pupuk kimia mulai dibatasi. Alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan pupuk alami yang ramah lingkungan.

  1. Mengolah Limbah Industri

Limbah industri yang harus diolah yaitu seperti limbah cair karena pada setiap daerah pasti mempunyai aturan yang diwajibkan untuk pelaku industri supaya mempunyai IPAL. Dengan demikian maka limbah harus diolah terlebih dahulu supaya tidak membahayakan lingkungan. Terutama untuk limbah cair yang menggunakan saluran drainase kota. Untuk pembuangan hal ini harus dibatasi supaya tidak memper buruk kualitas air.

  1. Hindari Penggunaan Racun Saat Mencari Ikan

Saat mencari ikan disarankan untuk tidak menggunakan racun atau bahan peledak. Hal ini tidak hanya bisa membunuh dan menghancurkan makhluk hidup yang ada di dalam air saja. Namun juga dapat merusak kualitas air. Jika hal ini terjadi dalam jangka panjang maka dapat menjadikan habitat dalam air maupun ekosistem nya berubah.

  1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Para masyarakat sekitar harus sadar dan memulai membudayakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Manfaat yang bisa diperoleh ketika masyarakat membuang sampah di tempatnya maka akan memberikan lingkungan yang bersih dan mencegah pencemaran air.

Kualitas air DI Indonesia memang berada pada level yang cukup buruk dan dari tahun ke tahun terus bertambah. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, untuk itu beberapa penanganan dan pencegahan adanya pencemaran air seperti di atas perlu dipraktekkan mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *